Rabu, 15 April 2015

Melihat Lebih Luas



Tuhan berbaik hati sekali memberikan kita dua bola mata dengan berbagai warna lensa. Ia meminta kita untuk memandang segala hal dari segala arah. Saat melihat kebahagian, kesedihan, kemiskinan, kekayaan, kesibukan dan kesenggangan, ia meminta kita dengan lembut untuk melihatnya secara luas. Bahkan tak hanya dengan kedua bola mata, tetapi juga dengan segala indera lainnya.

Dengan mata kita bisa melihat visual. Dengan telinga kita bisa menerka berdasar audio. Dengan otak kita bisa melihat secara rasional. Dan dengan hati kita bisa melihat secara irasional.

Namun sayang, kita sering lupa. Tak hanya lupa melihat berbagai arah. Kita juga kerap lupa hanya melihat sepenuhnya dengan mata dan meninggalkan yang lainnya. Setiap kejadian yang ditangkap mata dan digambarkan dalam otak, sering secara mentah tak diolah hingga kerap berujung prasangka buruk.

Kita sering lupa. Padahal begitu menyenangkan saat bisa melihat dari banyak arah. Dengan melihat dengan segala indera yang diberikan serta dari berbagai arah, akan ada rasa syukur yang mendalam. Mengertilah, bahwa tak selamanya Allah memberikan hal negative baik secara langsung maupun tidak. Karena dibalik semua itu, selalu ada ion positif yang terselip.

Tak selamanya sesuatu yang diambil dari kita adalah kejadian buruk yang menimpa kita. Tuhan hanya akan menggantikan dengan yang lebih baik tentunya dengan segala proses. Bahkan sesuatu yang datang pun adalah sebagian dari ujian yang bertahap. Tak selamanya sesuatu yang masuk memberikan warna diantara lainnya adalah hal buruk. Tuhan hanya ingin mendekatkan satu dengan lainnya dengan memberikan ujian sederhana. Sesederhana itu bukan?

Andai kita mau melihat lebih jauh, membuka mata hati dan pikiran kita, mungkin tak akan ada prasangka buruk dan hidup akan lebih indah. Siapa yang mau beradu prasangka? Tentu tidak ada.

Andai kita mau melihat lebih jauh pasti kita akan lebih bersyukur, setidaknya kita bisa melihat segala warna kehidupan. Begitu menyengangkan bukan?

Selamat menikmati ciptaanNya yang begitu luas :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Blog Template by BloggerCandy.com